Kamis, 11 Agustus 2011

Brainstorming Persiapan Bikin Game MMORPG

Pertama-tama kumpulkan ide dulu. Acak saja. Mulai!
  • Satu program server, dua program client. Untuk test.
  • Buat bisa kirim-kirim message.
  • Hubungkan server ke database SQLite.
  • Hubungkan server ke resource manager PhysicsFS. (Gak urgent)
  • Hubungkan server ke loader XML.
  • Hubungkan server ke scripting Lua. (Gak urgent)
  • ZLib buat kompres-kompres? Gak penting deh.
  • PThread? Hmm hindari saja deh.
  • Bikin map pake Tiled - Pelajari!
  • SDL untuk grafik.
  • A Star algorithm untuk pathfinding.
  • Networking library pake ENet.

Milestone/Step-Step
Target harus selesa dalam 1 tahun atau 12 bulan atau 48 minggu atau 336/365 hari. Pertama-tama kumpulkan milestone dalam bentuk pernyataan berikut:
"Dalam waktu X sudah berhasil membuat Y"
Sekarang, kira-kira X dan Y itu apa ya? Ada ide? Brainstorming!! Trus sepertinya harus berprinsip learning by doing juga. Karena kalau belajar doang suka bikin males kalo ga dipraktekin.
  1. Bikin aplikasi server dan dua client yang bisa saling kirim message. Jatah waktu seminggu deh.
  2. Dari point no 1. Bikin network library. Hm ga tau deh waktunya - kalau bisa poin 1 dan 2 dalam satu minggu yang sama.
  3. Mikir dulu, karena proses belajar masih belum terasa cukup. Sepertinya harus disiapkan poin -2, -1, dan 0.
  4. Aku ngantuk tidur dulu ah...
  5. Point -5, sabtu di print dulu senjata rahasia nya ;) 
  6. Sambungin server dengan database SQLite (Pelajarin ulang euy..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar