- Sudah familier dengan codeblocks.
- Tahu cara melinking library di codeblocks.
Yang akan kita buat adalah sebuah aplikasi interpreter LUA sederhana. Step-step nya adalah sebagai berikut:
1. Download library LUA.
Download dari sini saja, atau bisa cari di devpaks.org bagian scripting.2. Buat program console biasa dengan codeblocks.
3. Linking library dari poin no 1 kedalam project.
4. Hapus isi main.cpp dan copy-paste kode dibawah ini.
extern "C" { #include <lualib.h> #include <lauxlib.h> } #include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { lua_State *L = luaL_newstate(); // opens Lua luaL_openlibs(L); // opens the standard libraries while (1) { char temp[64]; cout << "input: "; std::cin.getline(temp, 64); string input(temp); if( input == "exit" ) break; int error = 0; error = luaL_loadbuffer(L, input.c_str(), input.length(), "line"); if( error != 0 ) { cout << "luaL_loadbuffer error" << endl; } error = lua_pcall(L, 0, 0, 0); if( error != 0 ) { cout << "lua_pcall error" << endl; } if (error) { string out(lua_tostring(L, -1)); cout << out << endl; // pop error message from the stack lua_pop(L, 1); } } lua_close(L); return 0; }
5. Kompile, dan run.
Seharusnya tidak ada masalah ketika kompile. Ketika run masukan input:print('Hello World!');Code barusan adalah codenya LUA, yang akan diproses oleh aplikasi C++. Output yang dihasilkan adalah:
Hello World!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar